Kamis, 11 Agustus 2016

Alat Dasar Membuat Perhiasan Kawat


Wirecraft atau perhiasan kawat tidak hanya dikenal di dalam negeri saja tapi juga di seluruh dunia. Banyaknya teknik yang digunakan dalam pembuatan perhiasan kawat, menjadikan perhiasan yang satu ini menjadi unik dan terus berkembang dari hari ke hari.
Buat bunda-bunda yang tertarik untuk membuat perhiasan kawat, ada beberapa peralatan yang perlu bunda persiapkan.
Peralatan paling dasar yang diperlukan adalah round nose plier, chain nose plier dan, flush cutter. Dengan ketiga peralatan wajib ini, bunda sudah bisa berkreasi membuat perhiasan kawat yang beraneka rupa. Lalu apa saja fungsi alat-alat tersebut?
Round nose plier/tang pembulat
Sesuai dengan namanya, tang ini mempunyai ujung yang runcing dan bulat. Fungsi utama dari tang ini adalah untuk membuat loop (lingkaran kecil), juga digunakan untuk menekuk kawat di tempat-tempat yang sulit menggunakan tangan.

Chain nose plier
Tang ini berguna untuk membuat lekukan-lekukan atau memegang kawat saat ditekuk untuk dibuat bentuk yang diinginkan.

Flush Cutter/tang pemotong
Tang ini berfungsi untuk memotong kawat dan menghasilkan potongan yang rata.

Selain ketiga alat tersebut, masih banyak alat-alat lain yang dapat digunakan untuk membantu dalam pembuatan perhiasan kawat antara lain:

Nylon jaw flat nose
Tang ini mempunyai fungsi untuk meluruskan kembali kawat yang sudah ditekuk dan ingin ubah ke bentuk lain. Nylon dpat menghindari terjadinya lecet-lecet pada kawat saat di luruskan kembali.

Wire jig
Alat ini digunakan untuk membuat bentuk-bentuk tertentu dari kawat. Pilihan wire jig ini bisa bermacam-macam. Jika dana bunda terbatas, bis dipilih wire jig yang terbuat dari plastik.

Masih banyak lagi jenis peralatan dalam membuat perhiasan kawat, tapi tidak mutlak untuk dimiliki. Namun tidak usah buru-baru untuk memiliki alat-alat tambahan tersebut.

Bagaimana, bunda? Sudah siap untuk memulai kreatifitas membuat perhiasan dari kawat?
***

Sumber: www.koleksi kikie.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar